Sendirian!

by M Affan Hanif

Siapa bilang aku sendiri? Tidakkah kamu lihat, ada penumpang lain di kereta itu? Hei, lihatlah, aku tidak sendiri. Ada aku, penumpang lainnya, mas mas yang bersih bersih, petugas pengecek tiket, dan mbak mbak yang berkata “Pop mie nya nggak ada mas, mau menu lain?” Oke, terpaksa aku menahan lapar sampai stasiun tujuan. Intinya, aku disana tidak sendiri. Hanya saja tidak ada yang menemani.

Mungkin, definisi sendiri menurut orang berbeda beda. Kamu benar ketika melihatku seorag diri di kereta itu tak ada yang menemani. Tapi aku juga benar karena aku tidak benar benar sendiri. Ini hanya masalah pandangan. Ya. Subjektivitas. Membuat orang suka berdebat. Padahal tidak terlalu penting. Tapi, agar kamu tahu, perjalananku kemarin, itu untuk mencari ketidaksendirian. Walaupun kenyataannya aku lebih sering sendirian. Padahal dalam kereta yang penuh sesak.

Sukoharjo, 1 Februari 2017

This entry was posted in Affan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

